Bupati Zaini Resmikan Pembangunan Monumen Lombok Barat Bangkit


Bupati Zaini Resmikan Pembangunan Monumen Lombok Barat Bangkit
Bupati Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) Zaini Arony, Jumat (26/4/2013), tepat pukul 20.00 WITA, meresmikan pembangunan Monumen Lombok Barat Bangkit yang dibangun ditengah bundaran Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kecamatan Gerung.
Pembangunan monumen ini mempergunakan dana daerah tahun anggaran 2012, dan selesai dibangun  awal 2013 lalu. Monumen Lombok Barat Bangkit menempati lahan seluas 174 meter persegi dengan disamping kanan dan kirinya terketak bangunan  taman kota milik Badan Lingkungan Hidup (BLH).
Zaini mengaku, monumen Lombok Barat menunjukkan kondisi kehidupan beragama di Lombok Barat yang nyata. Dengan ornamen kubah masjid di atasnya menunjukkan identitas Lombok Barat yang sudah lama dikenal dengan daerah seribu masjid.
Ditambahkannya, tidak jauh dari bangunan monumen ini, pemerintah daerah (Pemda) Lombok Barat akan membangun pusat perbelanjaan dan rumah zakat. Kedua bangunan tersebut ditargetkan selesai dalam lima tahun ke depan.
Di tempat sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lombok Barat Robijono Pratijanto mengatakan, komplek perempatan BIL di  Gerung merupakan hasil kerjasama Dinas PU dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Barat, serta BLH Lombok Barat.
Untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang telah dibangun BLH di samping monumen, menelan biaya Rp 894 juta. Sementara  untuk monumen sendiri RP 2,7 miliar. Kedua bangunan ini  berdiri pada median jalan Gerung BIL dengan luas 1,5 hektar. Sedangkan lokasi bangunan monumen di atas tanah  seluas 55 are.
Monumen Lombok Barat dilengkapi tiga jenis air mancur dengan panjang luncuran 15 meter. Kelistrikan yang disiapkan untuk menerangi monumen berdaya 75 ribu watt. Monumen dilengkapi dengan kolam renang dan alat pemutar lagu yang mengiringi tarian air mancur.
“Monumen ini diharapkan dapat semakin mempercantik jalan menuju bandara yang akan terus diperpanjang hingga lingkar selatan Kota Mataram,” tegas Robijono.

0 komentar:

Copyright © 2012 Forum Komunikasi Mahasiswa Lombok-DIY.